Inilah Kelebihan Penggunaan Mouse Dibanding Touchpad

gastronoid.com –  Inilah Kelebihan Penggunaan Mouse Dibanding Touchpad – Bagi Anda yang sering menggunakan personal computer dan laptop tentu tidak akan asing dengan dua perangkat input pada komputer yaitu mouse dan touchpad. Keduanya sebenarnya memiliki kegunaan yang sama yaitu memilih objek, mengeksekusi program, serta menggeser atau menggerakkan kursor.

Perbedaannya adalah touchpad digunakan sebagai pemindah kursor pada perangkat komputer berupa laptop yang tidak menggunakan kabel yang terlihat layaknya mouse pada PC. Pemindah kursor pada laptop ini sudah menjadi satu kesatuan pada perangkat dan tidak bisa dicabut, dipindahkan dan digunakan pada perangkat lain.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa mouse dapat digunakan pada perangkat komputer berupa laptop, namun touch pad tentu tidak akan mungkin bisa digunakan pada perangkat komputer lain selain laptop atau perangkat bawaan yang sudah terpasang touchpad tersebut. Perbedaan antara mouse dan touchpad tentu masih banyak. Dalam pembahasan berikut akan diulas mengenai perbedaan kelebihan penggunaan mouse dibandingkan dengan touchpad.

Lebih Presisi

Kelebihan mouse yang pertama adalah lebih presisinya mouse dibandingkan dengan touchpad. Kelebihan ini menjadikan banyaknya orang yang lebih memilih untuk menggunakan mouse jika dibandingkan dengan menggunakan touchpad.

Tidak sedikit jenis mouse yang tingkat sensitivitasnya tinggi serta dilengkapi dengan sistem blue track. Ini tentu menjadikan mouse semakin banyak peminatnya. Jenis mouse dengan sistem blue track tentu bisa digunakan pada berbagai permukaan. Ini tentu menjadi sebuah kelebihan penggunaan mouse yang tidak dimiliki oleh touchpad.
Akurasi dari mouse sendiri jauh lebih terjamin jika dibandingkan dengan touchpad.

Terdapat beberapa jenis touchpad yang terkadang sering melakukan kesalahan dalam eksekusi perintah. Belum lagi jika sensitifitas dari tujuan tersebut sangatlah rendah. Inilah mengapa banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan mouse dibandingkan touchpad.

Mouse Wireless

Tersedianya jenis mouse tanpa kabel untuk menjadi sebuah kelebihan tersendiri dari penggunaan mouse. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa untuk menggunakan mouse mereka merasa lebih kesulitan karena harus mengatur kabel yang terdapat pada mouse tersebut. Hal tersebut tentu tidak dapat dibuktikan sepenuhnya mengingat mouse sendiri memiliki jenis mouse wireless yang tentunya tidak membutuhkan kabel dalam penggunaannya.

Kelebihan penggunaan mouse ini tentu sangat terlihat jelas jika dibandingkan dengan penggunaan touchpad. Jenis wireless tentu bisa digunakan pada komputer yang bisa tersambung melalui koneksi Bluetooth. Dalam kondisi yang tidak terlalu dekat dengan keberadaan perangkat komputer pun mouse wireless ini masih bisa berfungsi dengan baik.

Pengisian Daya dengan Listrik dan Baterai

Kelebihan lain yang juga dimiliki oleh mouse adalah cara pengisian dayanya yang bisa disesuaikan. ini tentu harus disesuaikan dengan jenis mouse yang dimiliki. Jika menggunakan mouse kabel pengisian daya tentu bisa dilakukan dengan menggunakan listrik yaitu melalui tegangan listrik yang terdapat pada perangkat komputer.

Dan jika mouse yang Anda pilih adalah jenis mouse wireless anda tentu bisa melakukan pengisian daya dengan menggunakan baterai. Sangat terlihat bahwa kelebihan penggunaan mouse ini jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan penggunaan touchpad yang fungsinya akan sangat bergantung pada laptop atau perangkat lain yang sudah terpasang touchpad tersebut.

Adanya Tombol Tambahan

Jenis mouse yang memiliki tombol tambahan tidak akan asing lagi di kalangan mereka para pecinta game. Keberadaan tombol tambahan tersebut tentu akan membuat penggunaan mouse lebih efisien saat digunakan bermain game. Tombol-tombol tersebut biasanya bisa dilakukan untuk menjalankan perintah khusus dalam permainan seperti mengganti senjata, berlari melompat dan perintah-perintah lainnya.

Itulah beberapa kelebihan penggunaan mouse dibandingkan dengan touchpad. Bagi Anda yang sudah lebih dulu menggunakan mouse, kelebihan mana yang sudah Anda rasakan?. Terima kasih telah membaca di gastronoid dan semoga artikel ini bisa membantu kamu,