Tips dan cara untuk menggunakan kamera DSLR untuk pemula

gastronoid.com – Tips dan cara untuk menggunakan kamera DSLR untuk pemula.  Bagi pemula yang baru saja membeli kamera DSLR pastinya akan sedikit kebingungan atau kesusahan dalam menggunakan kamera DSLR.  Padahal sudah membeli kamera DSLR yang di cita-citakan sejak lama tapi masih belum bisa menghasilkan foto yang bagus. Walaupun dengan membeli kamera DSLR harapan mu, pastinya bisa menghasilkan foto yang lebih detail dan tajam dibanding kamera saku atau kamera smartphone mu. Penting sekali tahu untuk mengetahui setting dan fitur yang ada di kamera DSLR agar bisa tahu cara memotret dengan kamera dslr yang baik dan benar hingga bisa menghasilkan foto yang sempurna sesuai harapan mu. Ini artikel yang tepat bagi kamu yang mencari tahu menggunakan kamera DSLR untuk pemula lewat internet.

 

kamera DSLR

 

Karena seperti yang kita ketahui bahwa untuk menghasilkan foto yang menawan dibutuhkan pengaturan setting kamera DSLR yang pas. Bagi pemula yang tidak tahu cara menggunakan kamera DSLR dan asal pencet tombol di kamera DSLR bukan membuat hasil foto tambah bagus malah bikin hasil serta kualitasnya foto buruk. Tapi tenang disini kami akan memberitahukan pada mu cara menggunakan kamera DSLR untuk pemula.

Baca Juga: Perbedaan kamera DSLR dan SLR yang harus kamu tahu

Inilah beberapa tips dan cara untuk menggunakan kamera DSLR untuk pemula:

A.Kenali semua tombol di Kamera DSLR

kamera DSLR menawarkan lebih banyak fitur dan tombol dibandingkan kamera pocket atau kamera di smartphone mu.  kamu harus mempelajaran fungsi-fungsi semua tombol kamera DSLR ini terlebih dahulu agar kamu familian dalam penggunaannya.

Bagian depan Kamera DSLR

Bagian depan Kamera DSLR
Source: kliknklik.com

1. Built in Flashlight

Flashlight atau dikenal sebagai lampu flash sebagai penerangan utama dalam memotret. Akan keluar dengan sendirinya jika kamu menyalakan mode otomatis pada kamera DSLR mu. Pada mode manual, kamu bisa mengatur kapan akan menggunakan flashlight atau kapan tidak.

2.Red eye Reduction

Pernah lihat foto orang bermata merah?, itu bukan kejadian gaib tapi karena refleksi pembuluh darah akibat ilmunasi flash pada kamera. Dengan adanya fitur Red eye reduction pada kamera DSLR akan menghilangkan efek mata merah ini. Fitur red eye reduction akan aktif otomatis 1-2 sebelum gambar diambil.

3.Thumb Wheel

Dengan thumb wheel kamu bisa memilih berbagai macam modus pemotretan.


4.Display

Saat kamu penggunaan mode manual setting, pada layar  akan ditampilkan informasi setting mengenai mode ini. Jika kamu tidak ingin menampilkan informasi setting , kamu cukup tekan tombol display untuk mematikan layar.

5. Main Dial

Fungsi utama Main dial yaitu mengatur tinggi rendahnya aperture dan shutter speed. Selain itu juga bisa untuk mengatur AF point.

6. Shutter

Pasti gak asing dengan tombol ini, ini tombol saat kamu ingin mengambil foto.

7. Grip

Ini adalah pegangan kamera yang menonjol pada kanan kamera. Desain menonjol ini dikarena agar fotografer nyaman menggunakan kamera saat melakukan aktivitas fotografi.

8.Tombol Lensa

Untuk melepas atau mengunci lensa yang ada pada badan kamera.

9.Lensa Kamera

Ini bagian penting lainnya, karena lensa ini yang membantu menangkap gambar. Lensa kamera bisa diganti sesuai kebutuhan.

10. Setting fokus manual atau otomatis

Inilah kelebihan kamera DSLR karena bisa setting manual atau otomatis fokus pada kamera. Tapi tidak semua jenis lensa memiliki fitur seperti ini.

11.Tombol Flash

Saat manual mode pada kamera, flashlight harus diaktifkan secara manual jika dibutuhkan.

Bagian belakang  Kamera DSLR

Bagian belakang Kamera DSLR
Source: kliknklik.com

12. Viewfinder

Viewfinder buat kita untuk Membidik objek  yang akan difoto dan menentukan fokus, ini terhubung langsung dengan lensa utama.

13. Monitor LCD

Berfungsi untuk menampilkan semua informasi kamera, pengaturan, fitur hingga hasil akhir foto dapat dilihat melalui monitor LCD.

14. Tombol Navigasi

Tombol berfungsi menggerakkan atau mengendalikan kamera saat melihat gambar yang telah di foto.

15.Tombol AV (Aperture Value)

Fungsi tombol ini mengatur bukaan diafragma pada lensa kamera. Nilai aperture ditandai dengan “f/angka”. Angka f adalah nilai bukaan lensa atau diafragma pada lensa. Semakin kecil

16. Tombol Fn/Q

Tombol mengatur white balance yang berfungsi untuk mengatur warna putih menjadi tampak berwarna putih juga.

17. Tombol Zoom in Zoom Out

Tombol untuk memperbesar atau memperkecil hasil gambar foto pada LCD kamera.

18. Tombol Life View

Berfungsi untuk membidik objek dengan finder atau layar LCD.

19. Tombol Menu dan Info

Untuk menampilkan pengaturan dan informasi gambar yang telah dipotret.

20. Tombol Preview

Untuk melihat foto di galeri kamera.

21. Tombol Hapus

Untuk menghapus gambar

B. Memilih Background yang tepat

 Memilih Background yang tepat Tips dan cara untuk menggunakan kamera DSLR untuk pemula
Sourcehttps://www.digitalcameraworld.com
Ini adalah poin yang paling penting selain tahu cara penggunaan kamera DSLR. Pemilihan background yang tepat pada kamera membuat hasilnya foto menjadi lebih bagus dan membuat foto menjadi lebih keren. Objek sebagus apapun tanpa background foto yang tepat akan membuat foto kurang maksimal.

C. Jangan biarkan Kosong

Jangan biarkan Kosong Tips dan cara untuk menggunakan kamera DSLR untuk pemula
Sourcewikimedia.org
Saat memfoto fotografer pemula biasanya memfoto objek agak jauh hingga ada bagian yang kosong, hasil foto yang ada bagian kosong ini kurang bagus. Lebih baik buat foto terlihat penuh agar lebih menarik dan lebih hidup.

D.Rule Of Thirds

Rule Of Thirds Tips dan cara untuk menggunakan kamera DSLR untuk pemula
Source: takeandtalkpics.libsyn.com
Mungkin bagi kebanyakan fotografer pemula posisi objek agar menghasilkan foto yang bagus harus ditaruh ditengah. Sebenarnya ini salah, fotografer harus mencari letak penempatan benda yang memberikan kesan maksimal dalam foto.

E. Point of Interest

Point of Interest Tips dan cara untuk menggunakan kamera DSLR untuk pemula
Source: digital-photography-school.com
 
Ini penting karena dalam mengambil gambar seorang fotorgrafer harus paham mana  objek utama yang ingin di fokuskan untuk jadi titik fokus dalam foto sehingga orang langsung tertuju pada objek itu pada hasil foto.

F. Fokus 

Fokus Kamera Tips dan cara untuk menggunakan kamera DSLR untuk pemula
Source: photographylife.com
 
Kamu harus tahu waktu untuk melepas shutter, karena shutter ini tidak bisa dilepas sembarangan. Kamu harus memperkirakan kapan waktu shutter harus dilepas, ini butuh latihan. Dengan hanya menekan sebagian shutter terkadang bisa membuat fokus lensa tapi ingat mendapatkan focal length yang tepat ini penting agar gambar yang kamu ambil jadi fokus dan tidak ngeblur

G. Flash Kamera

Flash Kamera Tips dan cara untuk menggunakan kamera DSLR untuk pemula
Source: oneslidephotography.com
 
Kamu harus tahu kapan waktu untuk menggunakan flash kamera dan kapan waktunya tidak menggunakan flash kamera. Karena salah dalam penggunaan fitur flash bisa membuat hasil foto mu terlalu terang hingga hasilnya kurang maksimal bahkan jelek.

H. Depth of Field

 Depth of Field Tips dan cara untuk menggunakan kamera DSLR untuk pemula
Source: http://www.kelasfotografi.com/

Menggunakan pengaturan background untuk mencipatakan depth field. Bisa dengan membuat background sedikit blur hingga objek gambar semakin terlihat menonjol.

Baca Juga: 5  Aplikasi Kamera Terbaik untuk Selfie

Sekian Tips dan  Ccara menggunakan kamera DSLR untuk pemula. Keahlian fotografi tidak muncul tiba-tiba tapi dari latihan dan kebiasaan. Semakin sering mencoba dan gagal, akan membuat mu semakin banyak belajar dan bisa menghasilkan foto yang keren. Terima kasih telah membaca di gastronoid dan semoga artikel ini bisa membantu kamu,

Tinggalkan komentar