Cara Memutihkan Handuk yang Hitam

semuatahu.web.id – Cara Memutihkan Handuk yang Hitam. Seiring dengan penggunaan, tentu saja tak jarang lama kelamaan handuk pun akan berubah menjadi hitam. Kondisi ini sangat tampak mencolok sekali pada handuk yang berwarna putih. Padahal, kondisi handuk masih bagus. Hanya saja, terkadang kondisi handuk yang menghitam ini tentu jika dibiarkan begitu saja kurang baik jika digunakan untuk mengeringkan badan sesaat setelah mandi.

Tentu saja, kamu harus tahu bagaimana cara memutihkan handuk yang hitam agar tampak kembali putih seperti saat baru. Dimana, ada beberapa langkah atau tips memutihkan handuk yang telah menghitam dengan cara yang mudah dan tentunya tak perlu membutuhkan biaya mahal. Mau tahu? Yuk, simak saja ulasan terkait tips memutihkan handuk yang telah menghitam di bawah ini.

1. Rendam dengan Air Panas yang Bercampur Cuka atau Perasan Jeruk Nipis

Pertama, kamu bisa merendam handuk yang telah berwarna hitam tadi menggunakan air panas. Jangan lupa untuk mencampur cuka atau perasan jeruk nipis yang dicampur ke dalam air untuk merendam handuk tersebut. Jika sudah, maka kamu rendam paling tidak selama 10 menit. Langkah ini untuk melunturkan kotoran yang telah lengket yang membuat handuk menghitam. Selanjutnya, kamu bisa merendamnya kembali dengan air panas namun kali ini
airnya dicampur dengan detergen selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu, kamu kucek handuk tadi saat air panas sudah mulai menghangat suhunya. Lalu, cuci bersih, jika perlu tambahkan deterjen. Bilas sampai bersih dan keringkan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

2. Rendam Menggunakan Hidrogen Peroksida (H2O2)

Selain itu, untuk cara yang lebih efektif lagi, kamu bisa memutihkan handuk yang telah berubah warna hitam dengan campuran air dan cairan hidrogen peroksida. H2O2 atau hidrogen peroksida tentu saja menjadi salah satu cairan yang seringkali digunakan sebagai desinfektan atau campuran untuk sterilisasi tanah di dunia pertanian.
Untuk soal penerapannya sendiri, kamu bisa menyiapkan cairan H202 dengan kandungan 3% atau 15%. Lalu, campurkan dengan air bersih. Jika sudah, selanjutnya kamu perlu untuk merendam handuk yang menghitam
tadi ke dalam air rendaman yang telah bercampur dengan hidrogen peroksida.

Diamkan kurang lebih selama 5 menit saja. Lalu, pindahkan handuk tersebut ke dalam air rendaman yang telah tercampur dengan deterjen. Diamkan kembali selama 10 hingga 15 menit untuk melepas noda hitam pada handuk. Jika sudah, kucek handuk tersebut secara perlahan lalu bilas sampai sabun atau deterjen hilang. Keringkan di area yang teduh atau tidak terpapar langsung dengan sinar matahari untuk mencegah kain handuk kaku.

3. Memakai Pemutih

Selain kedua cara di atas, tips lain yang bisa kamu pakai atau terapkan adalah dengan menggunakan cairan pemutih pakaian. Ini merupakan cara pamungkas jika memang benar-benar noda hitam tak bisa dihilangkan secara maksimal setelah melakukan beberapa langkah sederhana. Nah, untuk penggunaan pemutih pakaian ini, kamu perlu mencampurnya dengan air bersih dengan takaran 1 tutup pemutih pakaian untuk 5-7 liter air. Kemudian, rendam selama kurang lebih 10 menit saja.

Lalu, bilas dengan air bersih dan rendam kembali dengan air rendaman deterjen. Jika masih belum hilang juga, kamu bisa mengulangi cara ini sekali lagi, yakni dengan merendamnya menggunakan pemutih pakaian. Tentu saja, cara memutihkan handuk yang hitam seperti ini sangat mudah dan terbilang efisien sekali mengingat tidak terlalu sulit. Itulah Cara Memutihkan Handuk yang Hitam. Terima kasih telah membaca di gastronoid dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar