Macam-Macam Driver Beserta Fungsinya

gastronoid.com –  Macam-Macam Driver Beserta Fungsinya – Untuk para pengguna komputer, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya driver. Sebab saat pertama kali membeli komputer mereka harus melakukan beberapa tahapan, termasuk diantaranya yaitu driver untuk hardware.

Namun sangat disayangkan karena masih banyak orang yang kurang mengerti mengenai driver beserta fungsi-fungsinya atau mungkin saja Anda termasuk salah satunya. Untuk itu, penjelasan lebih mendalam akan dijelaskan di bawah ini.

Pengertian Driver

Driver merupakan sebuah istilah teknologi informasi yang berupa bahasa inggris dan mengacu pada komponen perangkat lunak yang akan mengizinkan semua sistem komputer untuk bisa berkomunikasi dengan perangkat keras.
Hal tersebut dikarenakan sebagian besar perangkat keras pada komputer tidak akan bisa berjalan kecuali dilakukan pengenalan kepada CPU komputer dan driver inilah yang berperan sebagai pengenal.

Driver yang biasa digunakan dalam komputer bukan hanya ada satu, melainkan ada beberapa macam-macam driver yang harus Anda gunakan.

Sesuai dengan namanya, driver ini diibaratkan sebagai sopir yang akan siap untuk mengantarkan Anda ke mana saja. Jika sopir belum ada, maka mobil tidak pernah berjalan bukan?

Hal tersebut juga terjadi pada komputer Anda, jika Anda tidak menginstall driver, maka Anda tidak bisa untuk menggunakan laptop atau komputer Anda.

Macam-Macam Driver

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa driver bukan hanya terdiri dari satu, melainkan ada beberapa jumlahnya.

Agar Anda lebih tahu mengenai driver , maka di bawah ini akan dijelaskan lebih detail. Adapun macam-macam driver adalah sebagai berikut:

• Driver audio merupakan driver yang berhubungan dengan audio atau suara komputer.

• Driver bios merupakan driver yang berhubungan dengan motherboard di komputer.

• Driver chipset merupakan komponen atau driver yang berhubungan dengan komponen chip atau prosesor pada motherboard.

• Driver graphic merupakan driver yang berhubungan dengan Visual.

• Driver keyboard merupakan driver yang berhubungan dengan kinerja keyboard.

• Driver Mouse merupakan driver yang berhubungan dengan mouse.

• Driver storange merupakan driver yang berhubungan dengan alat penyimpanan data.

• Driver webcam merupakan driver yang berhubungan dengan kamera web.

• Driver network merupakan driver yang berhubungan dengan koneksi internet.

Macam-macam driver di atas harus Anda install di komputer Anda agar bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Fungsi Driver

Dari berbagai driver yang sudah disebutkan di atas tentu memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Secara umum dari setiap driver memiliki fungsi utama yaitu:

• Fungsi yang pertama yaitu untuk menghubungkan atau memperkenalkan hardware dengan oprating system atau software yang akan Anda gunakan nantinya.

• Fungsi selanjutnya yaitu untuk membantu mempercepat dan memaksimalkan hardware agar bekerja lebih maksimal lagi.

2 fungsi di atas akan Anda dapatkan ketika menginstall semua jenis atau macam-macam driver pada komputer.

Kapan Harus Menginstall Driver?

Secara umum, Anda bisa mengunduh atau menginstal driver ketika komputer atau laptop yang digunakan baru saja diinstall ulang atau jika terdapat hardware baru yang sebelumnya belum pernah dihubungkan dengan laptop Anda.

Dimana Tempat Menginstall Driver?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan driver. Salah satu cara yang bisa Anda ikuti yaitu dengan mendownloadnya secara langsung di situs resminya. Selain itu, Anda bisa mendapatkan driver secara gratis ketika Anda melakukan pembelian hardware tertentu.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang driver. Terlebih lagi jika Anda baru membeli komputer atau telah menginstall ulang komputer. Driver menjadi komponen paling penting dalam komputer karena menjadi kunci dari berjalannya komputer.

Dari setiap macam-macam driver di atas harus Anda install agar komputer Anda bisa digunakan sebagaimana mestinya. Terima kasih telah membaca di gastronoid dan semoga artikel ini bisa membantu kamu,