Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contoh Cloud Storage

gastronoid.com – Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contoh Cloud Storage. Data pribadi dan data perusahaan merupakan hal yang penting dalam dunia teknologi sekarang ini. Perkembangan zaman membuat data yang  dihasilkan lebih banyak dan masif. Keterbatasan penyimpanan data membuat orang selalu mencari alternatif cara agar bisa menyimpan datanya jika penyimpanan internal alias data storage yang dimiliki penuh. Adanya layanan seperti cloud storage,  mempermudah penyimpanan data dan solusi jika data file banyak tapi kapasitas penyimpanan data tinggal sedikit.

Data storage adalah  tempat penyimpanan serta media penyimpanan untuk data untuk komputer, laptop, kamera, Smartphone dan lain sebagainya. Data  storage dibedakan menjadi dua yaitu offline storage dan online storage. Offline storage adalah penyimpanan offline, dimana perangkat atau media penyimpanan yang langsung terhubung dengan komputer itu sendiri. Offline storage  yang sering digunakan adalah hardisk internal,  hardisk eksternal, flashdisk, DVD, CD, disket dan memori. Sedangkan online storage adalah penyimpanan online, dimana perangkat atau media penyimpanan yang tidak langsung terhubung dengan komputer, melainkan penyimpanan yang membutuhkan koneksi internet agar bisa menyimpan data. Online storage  ini disebut cloud storage atau penyimpanan cloud / penyimpanan awan.  Mari kita bahas cloud storage lebih jauh.

Pengertian Cloud Storage

Apa yang dimaksud dengan penyimpanan cloud, apa itu cloud storage mungkin itu sempat terpikirkan dalam benak mu.  Cloud storage dikenal juga dengan sebutan penyimpanan awan, awan disini bukan secara harfiah menyimpan di awan tetapi awan disini maksudnya teknologi internet, jadi penyimpanan awan artinya menyimpan dengan internet. Cloud storage adalah media penyimpanan data digital secara online menggunakan bantuan server virtual sebagai tempat penyimpanannya dan membutuhkan koneksi internet dalam proses penyimpanan serta untuk mengakses data yang telah tersimpan.

Fungsi Cloud Storage

Fungsi utama cloud storage sebagai media penyimpanan file, video, gambar, dokumen dan lain sebagainya. Fungsi Cloud Storage lainnya adalah memudahkan pengarsipan data, mengoptimalkan administrasi bisnis perusahaan, media berbagi, sarana kolaborasi, salah satu cara pengontrolan hak akses data,  dan back up data penting.

Manfaat Cloud Storage

Manfaat penggunaan Cloud Storage antara lain tidak perlu membeli perangkat penyimpanan baru jadi tidak perlu butuh ruang lebih banyak atau banyak media penyimpanan, kapasitas penyimpanan yang ditawarkan jauh lebih besar dibandingkan media penyimpanan offline seperti hardisk dan flashdisk seperti dropbox yang menawarkan hingga 5 TB (Terabyte) pada dropbox business, pengaturan pemberian izin untuk akses kepada pihak tertentu, bisa mengolah data secara multi platform, fleksibelitas akses data dari mana saja.

Manfaat cloud storage lainnya adalah perusahaan lebih hemat energi dan ramah lingkungan dengan menggunakan cloud storage, pemeliharaan media penyimpanan cloud storage dibebankan pada penyedia layanan jadi kita tidak usah mengeluarkan uang lagi ataupun pusing jika ada masalah dikemudian hari pada media penyimpanan, jika memang dirasa media penyimpanan yang ditawarkan secara gratis sudah cukup untuk kebutuhan penyimpanan file artinya tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian media penyimpanan, meskipun nantinya jika dirasa kurang harus upgrade kapasitas penyimpanan yang berbayar

Cara Kerja Cloud Storage

Cara Kerja Cloud Storage  dengan pihak pengguna yang ingin menyimpan file,  melakukan pengiriman salinan filenya ke server  penyedia layanan cloud storage melalui koneksi internet. Setelah file berhasil tersalin dengan sempurna pada server, maka server akan memberikan pengguna untuk akses atau memodifikasi file tersebut di dalam server cloud storage. Jadi secara prinsip cara kerja cloud storage seperti copy file ke server cloud storage saja. Jadi tidak serumit atau sesusah yang dibayangkan dalam cara kerja cloud storage. Perlu diingat jadi penyimpanan cloud storage bukan di satu server tapi berbagai server, jadi file aman dari kemungkinan hilang walaupun seandainya satu server bermasalah. Ingat sebelum melakukan penyimpanan, lakukan registrasi atau pendaftaran ke penyedia layanan cloud storage sebelumnya.

Baca juga :  Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Storage

Contoh Cloud Storage

Banyak layanan cloud storage yang tersedia saat ini. Contoh Cloud Storage yang populer yaitu OneDrive dari Microsoft, Dropbox, iCloud dari Apple, Cloud Storage for IndiHome dari Telkom, oppo cloud atau Hey tap cloud  dan Google Drive dari Google.

OneDrive

OneDrive adalah layanan cloud storage milik Microsoft.  Jika kamu berlangganan berbayar dengan OneDrive untuk bisnis, kamu mendapatkan layanan Exchange, Sharepoint, Teams, dan Yammer. OneDrive memberikan fitur terintegrasi dengan Microsoft office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, dan Microsoft Outlook pada versi berbayar. OneDrive memberikan penggunanya cloud storage gratis dengan kapasitas  5 GB, jika membutuhkan kapasitas atau layanan / fitur   terintegrasi kamu harus upgrade ke versi berbayar.

Dropbox

Dropbox adalah layanan cloud storage milik Dropbox, Inc. Dropbox menyediakan cloud storage gratis dengan kapasitas 2 GB pada layanan dropbox basic . Sedangkan dropbox menyediakan cloud storage lebih besar kapasitasnya yaitu dropbox plus dengan kapasitas 2.000 GB atau 2 TB untuk pengguna Individu dan maksimal satu pengguna saja,  dropbox family kapasitas 2.000 GB atau 2 TB untuk satu keluarga dan maksimal enam pengguna saja, dropbox Professional dengan kapasitas 3.000 GB atau 3 TB,  dan Dropbox Business dengan  kapasitas 5.000 GB atau 5 TB.

Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud storage  milik  Google. Google Drive bisa kamu nikmati setelah kamu mempunyai gmail, sama seperti layanan google lain seperti Youtube, Blogger, Google Play dan lainnya. Google Drive terintegrasi dengan gmail, jadi kamu harus login ke gmail mu untuk mengakses google drive. Google Drive memberikan penggunanya 15 Gb gratis, jika ingin kapasitas yang lebih besar. Google drive memberikan beberapa pilihan yaitu 100 GB, 200 GB, dan 2 TB.

iCloud

iCloud adalah layanan cloud storage milik Apple. iCloud milik Apple membutuhkan Apple ID untuk mengaksesnya, jadi hanya pengguna Apple yang bisa menggunakan layanan ini. iCloud memberikan cloud storage dengan kapasitas 5 GB secara gratis, jika dirasa tidak cukup bisa upgrade ke versi berbayar yang memiliki kapasitas 50 GB, 200 GB dan 2 TB. Pengguna berbayar iCloud mendapatkan layanan seperti relai pribadi iCloud, domain e-mail khusus, dan dukungan video aman Homekit untuk kamera. Perlu diingat iCloud berbayar hanya bisa berbagai maksimal dengan 5 orang saja.

Oppo Cloud / Hey Tap Cloud

Oppo Cloud / Hey Tap Cloud adalah cloud storage milik Hey Tap yang bekerja sama dengan brand smartphone OPPO. Fungsi oppo cloud / Hey tap cloud adalah mencadangkan data atau backup data dari ponsel OPPO mu.  Data yang bisa cuma file seperti dokumen, musik, gambar, video saja tetapi kontak, pesan, riwayat browser, catatan dan informasi pribadi lainnya. Oppo Cloud / Hey Tap Cloud menyediakan cloud storage berkapasitas 5 GB secara gratis, jika butuh kapasitas lebih besar maka bisa upgrade ke versi berbayar dengan pilihan kapasitasnya yaitu 50GB, 120GB dan 1024GB.

Cloud Storage for IndiHome

cloud storage indihome atau Cloud Storage for IndiHome adalah layanan cloud storage yang dimiliki oleh Telkom. Cloud Storage for IndiHome  bisa diakses kapan saja dengan gadget seperti smartphone, laptop dan komputer mu selama masih terhubung dengan internet dan dikhususkan untuk pelanggan layanan internet Indihome. Pengguna bisa menyimpan video, kontak, musik,  foto, dan dokumen. Tidak tersedia cloud storage gratis seperti layanan yang disebutkan diatas sebelumnya. Cloud Storage for IndiHome saat ini baru tersedia untuk kapasitas 16 GB, 32 GB dan 128 GB.

Cara Menggunakan Cloud Storage

Cara menyimpan file di cloud adalah dengan mengakses file terlebih dahulu lalu menguploadnya ke server layanan cloud storage. Cara menyimpan data di cloud storage sangat mudah, kamu hanya perlu login melalui e-mail / ID pengguna. atau mengakses akun yang kamu sudah punya sebelumnya. Cara Menggunakan Cloud Storage sangat simple dan tidak butuh waktu lama untuk paham. Kita coba praktekan dengan google drive sebagai contoh praktek cara menggunakan cloud storage.

cara menggunakan google drive

Masuk ke e-mail dengan login ke gmail mu. Lalu buka My drive, kemudian klik new untuk mengupload file seperti dokumen, gambar, musik, foto, video dan lainnya. Kemudian kamu bisa pilih dokumen atau folder yang ingin kamu upload ke google drive.

Cara menyimpan file di google drive

Kamu bisa juga membuat folder dan menggunakan fitur google docs, google sheets, google slides, google forms, google drawing, google my maps, google site, google app script, dan google jamroad.

Itulah Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contoh Cloud Storage. Terima kasih telah membaca di gastronoid dan semoga artikel ini bisa membantu kamu,

Tinggalkan komentar