Istilah dalam Cryptocurrency

gastronoid.com – Istilah dalam Cryptocurrency. Mungkin bagi kamu yang baru terjun ke dalam dunia Cryptocurrency / kripto  banyak mendengar ataupun membaca istilah yang asing didengar sebelumnya. Hal itu wajar bagi kamu orang baru atapun pemula di dunia Cryptocurrency / kripto. Di artikel ini kami akan memberikan tahukan kamu apa arti berbagai Istilah dalam Cryptocurrency agar kamu sedikit paham dan mengerti cara penggunaan serta maksud istilah tersebut.

Istilah dalam Cryptocurrency

51% attack

51% attack adalah bentuk serangan dimana satu orang atau sekelompok miner menguasai lebih dari 50% hash rate jaringan blockchain. Mereka akan mencegah terjadinya transaksi baru untuk dikonfirmasi dalam blockchain dan melakukan double spending.

Address delegation

Address delegation adalah pendelegasikan wallet stake ke seorang super staker. Transaksi wallet non staking yang mengizinkan online super staker  untuk stake coin untuk pengguna tersebut. Pengguna yang mendelegasikan tidak mengirim coin mereka dan hanya mengirim izin kepada super staker untuk melakukan staking untuk address wallet tersebut.

Baca Juga: Pengertian ERC-20 dan Fungsinya

Airdrop

Airdrop adalah sebuah cara promosi pengembang Cryptocurrency / kripto dengan memberikan Cryptocurrency / kripto gratis kepada pihak  yang memenuhi syarat-syarat yang diberikan sebelumnya seperti kriteria atau tindakan yang harus dilakukan.

Algoritma

Algoritma adalah kumpulan aturan yang harus diikuti untuk menyelesaikan sebuah masalah atau melakukan tugas. Algoritma dibutuhkan komputer untuk melakukan tugas yang sesuai keinginan kita. Algoritma bukanlah kode komputer, jadi harus diubah  ke dalam bahasa yang komputer bisa mengerti.

All Time High (ATH)

All Time High adalah harga tertinggi yang pernah dicapai oleh Cryptocurrency / kripto selama sejarah Cryptocurrency / kripto ada.

Baca Juga: Istilah dalam Cryptocurrency

All Time Low (ATL)

All Time Low adalah harga terendah yang pernah dicapai oleh Cryptocurrency / kripto selama sejarah Cryptocurrency / kripto ada.

Altcoin

Altcoin adalah kategori Cryptocurrency / kripto alternatif dari Bitcoin. Banyak project altcoin yang menjadi alternatif lebih baik dibandingkan bitcoin dalam beberapa cara ( lebih effisien, lebih mahal, lebih skalabilitas dan lainnya )

Application Programming Interface (API)

Application Programming Interface (API) adalah sebuah perangkat yang bertindak sebagai penengah atau jembatan yang membuat dua aplikasi saling berkomunikasi satu sama lain. Ini membiarkan aplikasi, data dan perangkat berinteraksi.

Arbitrase

Arbitrase adalah sebuah strategi dimana trader membeli Cryptocurrency / kripto di platform jual beli kripto yang memiliki harga murah lalu menjual di platform jual beli kripto  lain yang memiliki harga lebih mahal untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga antar platform.  Trader arbitrase akan ada di dua platform atau lebih sekaligus untuk membeli atau menjual untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Application Specific Integrated Circuit (ASIC)

Application Specific Integrated Circuit adalah istilah yang merujuk pada perlengkapan komputer  yang dikhususkan untuk penggunaan khusus, dibandingkan penggunaan biasa. ASIC bukan hanya untuk mining Cryptocurrency tapi bisa digunakan untuk tujuan efisiensi penggunaan.

ASIC Resistant

ASIC Resistant adalah protokol Cryptocurrency proof of work untuk mencegah penggunaan Application Specific Integrated Circuit (ASIC)  untuk mining.  Biasanya ini dilakukan dengan membuat penyesuaian tertentu seperti ASIC tidak akan punya keuntungan dibandingkan penggunaan hardware biasa atau pencantuman banyak algoritma berbeda yang membuat ASIC terpojok dibandingkan hardware biasa. Tujuan algoritma ASIC resistant biasanya untuk mencegah centralisasi mining yang biasanya terjadi pada penggunaan mesin ASIC.

Atomic Swap

Atomic Swap adalah istilah yang merujuk untuk fitur exchange atau platform jual beli  Cryptocurrency  beroperasi di blockchain berbeda tanpa perantara.

Bagholder

Bagholder adalah orang atau pihak yang memiliki Cryptocurrency / kripto dalam jumlah banyak, sedangkan  nilai kripto yang dimiliki turun drastis atau tidak ada nilainya alias jadi coin abu / koin debu.

Bearish

Bearish adalah istilah yang merujuk pada sentimen negatif pada pasar atau aset, dimana investor atau trader percaya pergerakan harganya akan trend turun.

Bear Market

Bear Market adalah kebalikannya bull market, ini merujuk pada arah pasar yang berjalan trend turun. Disebut “Bear” Market, karena seperti serangan beruang, itu menggerakkan cakarnya ke bawah.

Bitcoin ATM

Bitcoin ATM adalah Mesin yang bisa kamu gunakan untuk membeli atau menjual Bitcoin. Biasanya juga bisa  melakukan transaksi Cryptocurrency / kripto lain selain bitcoin. Bitcoin ATM juga dikenal dengan Bitcoin Teller Machine atau disingkat BTM.

Bitcoin Evangelist

Bitcoin Evangelist adalah orang yang punya passion tentang Bitcoin dan berdedikasi dalam menyebarkan pengetahuannya terkait Bitcoin.

Bitcoin Improvement Proposal (BIP)

Bitcoin Improvement Proposal adalah istilah yang merujuk pada proposal pengembangan untuk Bitcoin, digunakan untuk mengenalkan fitur, perubahan parameter atau perbaikan bug atau update apapun pada jaringan Bitcoin.

Block

Block adalah istilah dalam konteks Blockchain, block merujuk pada kumpulan data transaksi atau informasi yang dikemas bersama dalam ukuran yang telah ditentukan sebelumnya. Informasi dalam sebuah block yang ditambahkan ke dalam blockchain dan menjadi bagian sebuah blockchain secara permanen saat data diverifikasi  melalui protocol atau aturan yang sudah ditentukan.

Blockchain

Blockchain adalah istilah untuk mendeskripsikan buku catatan keuangan publik yang terdesentralisasi yang berisi informasi transaksi. Blockchain yang merupakan buku kas induk digital dimana data tercatat secara urutan kronologis. Di dalam sebuah blockchain, potongan informasi selanjutnya  yang akan ditambahkan selalu terhubung ke potongan informasi yang sebelumnya, informasi blockchain yang sudah terkonfirmasi melalui penggunaan hash digambarkan sebagai konten masa lalu. Dengan hash, semua block informasi dalam blockchain menjadi perujuk satu sama lain, dan tidak mudah tertukar hingga bisa disebut  buku kas induk digital yang abadi.

Block Confirmation

Block Confirmation adalah istilah yang merujuk jumlah konfirmasi sebuah block tertentu miliki. Tiap block di depannya mereferensikan penambahan satu block konfirmasi pada itu. Saat sebuah block informasi baru diverifikasi untuk ditambahkan ke dalam blockchain. Masing-masing penambahan block yang ditambahkan ke dalam blockchain memberikan referensi penambahan konfirmasi block lain . Lebih jauh dibelakang sebuah block dalam blockchain, lebih mahal itu jadinya  untuk dibalikkan (dalam cara jahat). Block Confirmation biasanya digunakan oleh exchange crypto untuk meninjau sebuah transaksi akhir cryptocurrency untuk melindungi dari bad actor yang bertujuan membalikkan transaksi setelah deposit atau dikenal sebagai double spending.

Block Explorer

Block Explorer adalah web atau aplikasi yang menunjukkan informasi seperti status transaksi atau data yang terkandung dalam block  pada jaringan blockchain publik. Ini biasanya dilakukan dengan menjalankan node sendiri (mereka menjadi bagian dari jaringan blockchain), dan lalu mengindeks informasi yang mungkin relevan kepada pengguna. Ini membuka akses data sebuah blockchain dan membolehkan pengguna biasa untuk melihat perkembangan proses transaksi atau verifikasi transaksi yang terjadi tanpa perlu untuk menjalankan sebuah node sendiri.

Block Height

Block Height adalah  angka yang digunakan untuk mengindikasikan posisi  block tertentu pada blockchain. Mirip seperti block hash, ini juga digunakan  untuk identifikasi lokasi sebuah block tertentu dalam sebuah blockchain.

Block Reward

Block Reward adalah  salah satu mekanisme yang dibuat ke dalam sebuah blockchain untuk memberikan insentif pada validator atau miner.

Bloodbath

Bloodbath adalah istilah dalam konteks trading yang umum digunakan untuk menjelaskan pasar yang trend turun dengan banyak aset yang mengalami penurunan harga. Ini istilah yang digunakan untuk menggambarkan sentimen pasar akan bearish.

Bots

Bots adalah istilah yang merujuk pada software atau program yang melakukan jual beli otomatis dengan settingan yang sudah diatur sebelumnya. Keuntungan penggunaan bots adalah sangat cepat beraksi dengan instan sesuai indikator yang ditentukan untuk jual beli.

Bounty

Bounty adalah tugas tersedia untuk dilakukan oleh “bounty hunter” untuk menyelesaikan tugas mudah tertentu seperti like postingan sosial media, mengikuti akun dan lainnya untuk mendapatkan hadiah.

BUIDL

BUIDL adalah istilah  yang biasanya dipakai dalam  komunitas Cryptocurrency untuk merujuk pada pekerjaan yang dilakukan untuk membuat ruang Cryptocurrency menjadi lebih baik dengan membuat produk baru dan inovasi. BUIDL juga bisa diartikan sebua saran untuk investor  untuk berkontribusi project baru pada blockchain dibanding hold Cryptocurrency  dan menunggu harganya naik.

Bullish

Bullish adalah istilah yang digunakan untuk mengindikasikan sentimen positif  pada pasar atau aset, dimana investor dan trader percaya pergerakkan harga akan naik.

Bull Market

Bull Market adalah istilah yang mengindikasikan  arah pasar trend naik. Ini disebut “bull” market, karena saat banteng menyeruduk mendorong tanduk, menggerakkan keatas hingga udara. Pergerakkan yang sama untuk menjelaskan pergerakkan pasar.

Burned Token

Burned Token atau burn adalah istilah token atau coin dikirim ke address dimana private key tidak diketahui, secara efektif coin atau token itu menjadi tidak bisa digunakan kembali. Ini akan mengurangi jumlah pasokan token atau coin dan diharapkan harganya akan naik.

Buy The F*** in Dip (BTFD)

Buy The F*** in Dip (BTFD) adalah istilah untuk merujuk ajakan membeli para supporter Cryptocurrency / kripto kepada orang lain saat harga turun dalam rally kenaikkan harga sebelumnya. Buy The F*** in Dip (BTFD) bukanlah strategi investasi atau trading. Ini lebih ke arah teriakan perang para pemegang aset Cryptocurrency / kripto agar banyak orang membeli aset Cryptocurrency / kripto yang mereka juga miliki agar harganya kembali naik.

Buy Wall

Buy Wall adalah istilah pada sebuah anomali banyak order buy di satu harga yang membentuk “dinding” dalam order book exchange kripto. Buy wall selalu manipulatif biasanya, tujuan buy wall  untuk menakuti trader dan mencurangi persepsi harga dengan menempatkan buy order dalam jumlah banyak di satu harga.

Byzantine Fault

Byzantine Fault adalah  istilah dimana error terjadi pada sistem komputer, tidak tahu komponen  atau apa yang rusak. Karena kurangnya informasi dan melakukan pengulangan pada instruksi yang diberikan.

Byzantine Generals Problem

Byzantine Generals Problem adalah istilah yang digunakan untuk situasi strategi tunggal  yang membutuhkan konsesus dari semua anggota dalam kelompok yang tidak bisa dipercaya atau diverifikasi.

Itulah istilah – istilah dalam Cryptocurrency yang sering digunakan dalam dunia Cryptocurrency / kripto, entah dalam  trading, dalam pembahasan yang mengenai topik  yang berupa video atau artikel. Semoga itu bermanfaat dan bisa membuat kamu bisa lebih tahu akan tentang istilah dalam dunia Cryptocurrency.

Sentralisasi

Struktur organisasi dimana sedikit pihak mengontrol seluruh jaringan.

Circulating Supply

Circulating Supply adalah istilah untuk merujuk pada perkiraan pasokan beredar token atau coin kripto yang saat ini tidak dikunci dan tersedia untuk transaksi publik.

Cloud Mining

Cloud Mining adalah istilah untuk kegiatan mining secara online dalam blockchain melalui sewa terhadap perusahaan yang menyediakan sewa perlengkapan mining. Jadi kita tidak perlu memiliki alatnya sendiri dan merawat alatnya, cukup membayar sewa secara online dan alat mining di perusahaan yang kita sewa akan mining dalam blockchain secara otomatis setelah kita mengatur dan menjalankan alat mining tersebut. Biasanya perusahaan yang menyewakan alat mining untuk cloud mining adalah perusahaan yang beroperasi di negara bercuaca dingin (mengurangi biaya pendinginan alat mining) dan punya biaya listrik murah serta memiliki mining contract dalam jangka waktu tertentu.

Cold Storage

Cold Storage adalah istilah dalam dunia kripto untuk tempat penyimpanan offline Cryptocurrency melalui hardware non-custodial wallet, file wallet disimpan dalam USB atau komputer yang offline.

Cold Wallet

Cold Wallet adalah  wallet yang menyimpan secara offline  dan hanya bisa disambungkan ke internet melalui  mencolokkan ke USB atau menghidupkan wallet hardware. Ini memberikan lapisan keamanan tambahan dibandingkan wallet disimpan pada perangkat yang tersambung pada internet.

Consensus

Consensus adalah suatu hal yang membuat sistem distribusi  seperti blockchain bisa berfungsi sebagai sistem peer to peer  tanpa dibutuhkan rujukan ke figur pusat otoritas bagi semua partisipan  untuk setuju apa yang disebut data yang benar. Consensus dicapai dalam sistem blockchain saat semua partisipan setuju pada konten block selanjutnya akan ditambahkan pada blockchain.

Crypto Bubble

Crypto Bubble adalah spekulasi bahwa harga cryptocurrency akan naik tinggi secara ekstrim sebelum  gelembungnya pecah dan harganya turun secara ekstrim. Gelembung cryptocurrency pecah pertama  di tahun 2017, saat maraknya ICO (Initial Coin Offering). Harga cryptocurrency pecah dari All Time High (ATH) pada 16 Desember 2017.

Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah bentuk mata uang digital yang menggunakan cryptography protocol untuk mencatatkan kepemilikan dan mencegah pemalsuan. Bitcoin adalah salah satu contoh cryptocurrency yang paling berhasil yang mengabungkan jaringan peer-to-peer, cryptography dan insentif dengan  membuat sebuah cryptocurrency.

Cryptography

Cryptography adalah disiplin ilmu yang mengubah informasi menjadi teks yang tidak bisa dipahami untuk melindungi informasi itu. Jadi hasilnya hanya bisa baca oleh orang mempunyai pengetahuan tentang itu.

Decentralized

Decentralized adalah istilah dimana sebuah sistem tidak ada poin kegagalan sentralisasi atau sebuah organisasi yang tidak punyak figur otoritas pusat.

Decentralized Autonomous Organization (DAO)

Decentralized Autonomous Organization adalah istilah  untuk sistem open source dan desentralisasi yang tidak membutuhkan operator tersentralisasi atau kontroler. Decentralized Autonomous Organization  bisa mengambil suara untuk berbagai aspek sistem tanpa perlu pusat kontrol. Anggota Decentralized Autonomous Organization biasanya terdiri dari pemegang token yang punya kekuataan voting sesuai proporsi berapa token yang dimiliki dalam seluruh ekosistem tersebut.

Decentralized Applications (dApps)

Decentralized Applications adalah istilah untuk aplikasi yang berjalan pada jaringan peer-to-peer desentralisasi seperti Ethereum. Ethereum adalah  platform paling populer untuk pengembang untuk mengembangkan berbagai  game, aplikasi atau berbagai alat yang sudah ada. Karena Ethereum bisa menyimpan berbagai macam informasi. Decentralized Applications biasanya bergantung ada konsensus blockchain untuk memfinalisasi transaksi atau permintaan yang menghilangkan titik kegagalan sentralisasi seperti pada bankir nakal atau kegagalan server.

Daily Active  Addresses (DAA)

Pada blockchain, pengguna berinteraksi satu sama lain melalui Addresses. Daily Active  Addresses adalah istilah yang merujuk pada jumlah adddres memenuhi aktivitas parameter yang ditentukan pada blockchain. Daily Active  Addresses  berguna untuk mengukur seberapa aktif sebuah blockchain, dan bisa lebih mewakili dibandingkan melacak jumlah transaksi.

 

 

Itulah daftar Istilah dalam Cryptocurrency, baik untuk trading atau secara umum di dunia Cryptocurrency. Terima kasih telah membaca di gastronoid dan semoga artikel ini bisa membantu kamu,