Perbedaan BIDR dan IDRT

gastronoid.com – Perbedaan BIDR dan IDRT. Stablecoin adalah cryptocurrency yang memiliki underlying atau didukung oleh aset nyata dan didesain untuk menirukan atau setara harga aset pendukung atau underlying asetnya. Seperti stablecoin USDT, USDC dan BSUD yang memiliki underlying aset atau aset pendukung berupa USD atau dollar Amerika Serikat. Stablecoin  yang merupakan cryptocurrency diharapkan harganya atau nilainya tetap stabil seperti aset pendukung, bisa naik dan turun nilainya.

Dimana jika pasokan yang beredar di exchange lebih banyak dibandingkan permintaan hingga menyebabkan harga stablecoin itu menurun dari nilai aset pendukungnya.  Bisa juga nilainya lebih tinggi dari aset pendukungnya, jika permintaan di exchange tinggi dan pasokan stablecoin sedikit maka harga stablecoin akan naik. Nilai stablecoin akan tetap kembali ke harga asli sesuai aset pendukungnya, perubahan harga naik turun adalah perubahan sementara, karena faktor permintaan dan penawaran saja. Stablecoin ada berbagai macam dan salah satunya stablecoin yang berdasarkan rupiah. Stablecoin rupiah yang terkenal sekarang ini adalah BIDR dan IDRT tapi tahukan kamu apa perbedaan BIDR dan IDRT?. BIDR dan IDRT sama-sama stablecoin berdasarkan rupiah dan memiliki nilai setara dengan Rp.1. BIDR dan IDRT didukung oleh uang rupiah indonesia yang ada rekening bank di indonesia dengan perbandingan 1: 1.

Baca Juga: Perbedaan BUSD USDT dan USDC

 

Blockchain

BIDR adalah stablecoin berdasarkan rupiah yang menggunakan Binance Chain (BEP-2).  BIDR secara gampanganya merupakan blockchain binance. BIDR adalah kolaborasi antara Tokocrypto dan Binance. Itu sebabnya, BIDR menggunakan  blockchain binance sebagai basisnya.

IDRT atau Rupiah token adalah token yang berbasis blockchain Ethereum. IDRT tersedia pada beberapa blockchain berbeda dan memiliki nama yang berbeda, pada blockchain Ethereum bernama IDRT, pada Binance blockchain bernama IDRTB dan pada Luniverse blockchain bernama IDRTL. Ketiganya diterbitkan  oleh PT Rupiah Token Indonesia.

 

Exchange

BIDR, karena merupakan kolaborasi antara Tokocrypto dan Binance, maka  BIDR tersedia di dua platform exchange cryptocurrency tersebut. Pada Tokocrypto, saat kamu mendepositkan uang mu. Otomatis uang mu diubah menjadi  BIDR. Sedangkan pada Binance, kamu bisa mengirim BIDR dari Tokocrypto ke akun Binance. Di Tokocrypto dan Binance, kamu bisa membeli cryptocurrency yang memiliki pair atau pasangan harga BIDR. Selain Tokocrypto dan Binance, penulis tidak menemukan exchange yang memiliki  pair BIDR saat artikel ini ditulis. Jadi kamu hanya bisa membeli cryptocurrency dengan BIDR hanya di Tokocrypto dan Binance.  Jangan khawatir Tokocrypto merupakan exchange cryptocurrency nomor satu saat ini di indonesia dan Binance adalah exchange cryptocurrency nomor satu di dunia, jadi kamu tidak harus khawatir setelah memiliki BIDR. Karena kamu bisa transaksi di exchange nomor satu di indonesia maupun dunia. Walaupun pair BIDR terbatas di Binance dan Tokocrypto, jadi kamu hanya bisa membeli cryptocurrency  tertentu saja.

IDRT sudah bekerja sama dengan beberapa exchange sehingga kamu bisa melakukan pembelian cryptocurrency dengan IDRT. Saat artikel ini ditulis, IDRT menjadi pair untuk pembelian cryptocurrency di  Binance, Liquid, Bitsten, HitBTC, Hoo, dan Ecxx. Jadi kalau kamu membeli IDRT, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan transaksi dibanyak exchange. Walaupun terbatas  cryptocurrency yang bisa dibeli menggunakan IDRT.

Baca Juga: Perbedaan ETH USDT dan BTC

Audit dan Underlying aset

BIDR diaudit tiap bulan oleh perusahaan audit Kantor Akuntan Publik Ojak Lumbangaol dan hasil laporan audit dipublikasikan di Tokocrypto.com setiap bulannya. Walaupun saat arikel ini ditulis, penulis hanya bisa menemukan hasil audit dari bulan Juni 2020 – September 2020. Setelah itu tidak ada laporan hasil audit yang dipublikasikan di web  Tokocrypto.com untuk jumlah koin yang beredar serta underlying aset BIDR yang ada di bank. Hal ini bisa di cek di link ini.

DRT diaudit tiap bulan oleh perusahaan audit Kantor Akuntan Publik Arif & Glorius dan hasil laporan audit dipublikasikan di rupiahtoken.com setiap bulannya. Saat arikel ini ditulis, penulis menemukan laporan hasil audit dari bulan September 2019 hingga yang terbaru yaitu hasil audit Mei 2021. Hal ini bisa di cek di link ini

Itulah perbedaan BIDR dan IDRT yang kamu harus ketahui. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk  kalian sebelum melakukan pembelian stablecoin BIDR dan IDRT. Terima kasih telah membaca di gastronoid,